Selamat Datang di website pengadilan negeri marisa kelas 2, website ini dilengkapi akses difabel, silahkan anda blok tulisan dan klik icon untuk mendengarkan, atau klik icon difabel disebelah kananatas   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di website pengadilan negeri marisa kelas 2, website ini dilengkapi akses difabel, silahkan anda blok tulisan dan klik icon untuk mendengarkan, atau klik icon difabel disebelah kananatas

Area II

AREA II PENATAAN TATALAKSANA

Bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien dan terukur pada Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Target yang ingin dicapai pada masing-masing program ini adalah:

  1. Meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan manajemen pada Satker ZI menuju WBK/WBBM.
  2. Meningkatnya efisiensi dan efektifitas proses manajemen pada ZI menuju WBK/WBBM.
  3. Meningkatnya kinerja Satker ZI menuju WBK/WBBM.

Beberapa Indikator yang perlu dilakukan untuk menerapkan penataan tatalaksana yaitu:

1. Standar Operasional Prosedur (SOP)

Sub Indikator   Jawaban

1.a. Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi?

 

A. Semua SOP telah mengacu pada Proses Bisnis Pengadilan. SOP juga telah dinovasi sesuai dengan perkembangan Teknologi yang ada.

1.b. Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan.

 

A. SOP telah diterapkan sesuai dengan prosedur yang ada.

1.c. Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi. A. Seluruh SOP utama telah dievaluasi dan ditindaklanjuti dengan perbaikan, perubahan dan penambahan SOP.

2. E-Office

Sub Indikator   Jawaban

2.a. Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi?

 

A. Pengadilan Negeri Marisa sebagai salah satu Satuan Kerja dibawah Mahkamah Agung Rpublik Indonesia telah menerapkan Sistem Pengukuran Kinerja Terpusat yaitu melalui Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dan Aplikasi untuk mengukur kinerja SIPP melalui Aplikasi Monitoring Implementasi SIPP (MIS).

2.b. Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi?

 

A. Pengadilan Negeri Marisa telah menerapkan Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP). SIKEP adalah aplikasi Manajemen Kepegawaian terpusat yang dibuat oleh Mahkamah Agung RI.

2.c. Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi?

 

A. Pelayanan Publik di Pengadilan Negeri Marisa telah menggunakan Teknologi Informasi. Teknologi Informasi disini adalah dengan menggunakan Aplikasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), E-Court dan Eraterang.

2.d. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik? A. Laporan Monitoring dan Evluasi terhadap pemanfaatan Teknologi Informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik dilakukan bulanan.

3. Keterbukaan Informasi Publik

Sub Indikator   Jawaban

3.a. Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan.

 

A, Kebijakan tentang Informasi publik telah diterapkan dengan cara menampilkan Banner-Banner dan Brosur di Ruangan Lobi Pengunjung (PTSP) serta di ruang tunggu peserta sidang, pembuatan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Marisa tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen (PPID) serta Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Marisa tentang Tim Website.

3.b. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik. Ya, Kegiatan Monitoring dan Evaluasi terhadap pelaksanaan kebijakan Keterbukaan Informasi telah dilaksanakan bulanan.
Click to listen highlighted text!